Duit Kesedot di Mesin ATM

Sudah banyak bank yang memfasilitasi nasabahnya untuk melakukan setor tunai lewat ATM. Jadi, daripada antre di teller atau makan banyak waktu, sistem setor tunai bakal membantu banget apalagi orang yang males kayak saya hehehe

Nah, tapi gimana kalau saat setor tunai,mesin ATM tiba-tiba error dan menelan uang kita? Lalu ternyata uang di saldo tidak bertambah, waduh kan ribet. Nah, ikuti-cara ini, khususnya bagi pengguna BNI:

  1.  Jangan panik. Biasanya saat uang kita tersedot, mesin ATM akan mengeluarkan struk dengan peringatan bahwa ada masalah dalam ATM dan meminta kita untuk segera melapor. Selain itu tertulis juga nomimal uang, jumlah uang, detail waktu transaksi, nomor seri mesin ATM, dll. Jangan sampai hilang struknya ya. Foto struk untuk antisipasi 
  2. Lapor customer service bank. Ceritakan kronologi peristiwa, bawa struk, dan buku tabungan. Biasanya akan diproses antara 14-21 hari kerja. Dulu kejadian saya saat minggu kedua bulan puasa, jadinya  kepotong weekend dan libur lebaran T_T
  3. Telepon 1500046. Ini call center BNI 24 jam. Proses ini tidak perlu dilakukan bila kita sudah melapor ke bagian CS. Setelah tersambung ke telepon, tekan tombol 1 untuk menu pemblokiran kartu debit kalau saya tidak salah. Nanti akan terhubung ke operator. Di sini operator akan menanyakan kronologi, nomor mesin ATM, nomor rekening pemilik, dan nomor kasus. Perihal nomor kasus, saya lupa apakah di CS diberikan karena pada saat itu saya melapor pertama kali ke BNI via telepon. Nah simpan juga nomor kasus, agar kasus kita mudah dilacak.
  4. Menunggu. Selama proses ini, pihak bank akan mengecek CCTV ATM dan catatan transaksi ATM saat itu. Ini kudu sabar banget karena dalam hari yang sama tentunya aktivitas bank tidak hanya melayani kita saja. Apabila ada kelebihan pemasukan maka akan dicocokan dengan laporan. Bila sesuai, uang di saldo akan bertambah dan pihak BNI akan menghubungi nasabah

Ada catatan khusus nih untuk mencegah uang agar tidak tersedot:

  • Masukan pin ATM secara benar karena pada kasus teman saya yang menggunakan jasa bank lain, ia telah 3 kali salah memasukkan pin. Akhirnya, uangnya otomatis akan disimpan. Mungkin agar tidak disalahgunakan kali ya?
  • Jangan pernah paksa menyetor bila mesin mulai tidak beres. Kasus saya berawal dari sini. Uang saya ditolak berkali-kali, padahal pin saya benar. Mesin ATM juga membuka box supaya dapat diambil lagi uangnya. Memang saat itu mesin lama sekali memproses, tapi saya kekeuh untuk melanjutkan. Ternyata….malah uang saya tersedot 😦

Semoga info saya bermanfaat ya! Keep calm and think clear! 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s